SISWA MAGANG ATAU TENAGA KERJA MURAH? (unfinish yet)

Bagi Indonesia, pembentukan ASEAN Community 2015 mendatangkan harapan sekaligus tantangan. Semua pihak dinilai harus berorientasi kepada tantangan di era globalisasi mengingat meningkatnya daya saing dengan adanya kemudahan akses perpindahan dari satu negara ke negara lain. Bukan hanya di bidang ekonomi dan bisnis, melainkan juga sumber daya manusia.

Hermono dan Akhmad D. H. Irfan, memberikan informasi terkait meningkatnya trend siswa kejuruan magang di luar negeri (internship). Dengan dasar Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI No. PER. 08/MEN/V/2008 Tahun 2008 tentang Tata Cara Perizinan dan Penyelenggaraan Pemagangan di Luar Negeri, praktek internship di luar negeri memang bukan hal mustahil.

Dikatakan bahwa, jika selama ini perhatian kita lebih terfokus pada pekerjaan permanen (buruh pabrik, karyawan perusahaan , dan sebagainya), tetapi lalai dalam memperhatikan hak-hak pekerja magang.

Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat mengirim sebanyak 27 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Painan, Sumatera Barat, mengikuti program magang ke luar negeri, sebagian besar ke Malaysia. Program Magang Siswa SMKN 3 Bogor ke Malaysia Berjalan Sejak 2004

Sebagaimana buruh migran, terdapat pihak ketiga sebagai agen penyalur. Bedanya, sekolah berada dalam posisi sebagai agen penyalur dengan memungut biaya setidaknya lima juta rupiah per siswa. Tentanng isu siswa magang ini, KBRI sering mendapatkan beberapa pelanggaran terjadi seperti ketidaksesuai tempat praktek kerja, uang saku, overstay, dan bahkan menjadi undocumented workers pasca kontrak magangnya selesai. Langkah yang ditempuh KBRI, biasanya menghubungi pihak sekolah atau pemerintah daerah setempat untuk menegur sekolah terkait. Belum ada dasar hukum yang kuat dalam bentuk perjanjian bilateral antara negara pengirim dengan negara penerima terkait praktek siswa magang di Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s