Dapur dan Ibu

10628302_10152727543982259_940701572016991473_nAku masih teringat bagaimana bapak dan ibu tertawa lepas karena melihatku menggoreng ikan dengan helm kaca tertutup dan berteriak-teriak sambil berusaha membalik ikan dengan minyak meletup-letup.

Aku masih ingat bagaimana ibu selalu menyuruhku untuk menyapu halaman atau rumah atau menyuruhku untuk mengerjakan PR/belajar daripada membantunya di dapur atau lebih tepatnya mengacaukan masakannya.

Aku masih ingat bagaimana ibu pertama kali memintaku memasak karena sakit di tahun pertamanya ‘cah kangkung’ yang rasanya lumayan.

Aku masih ingat bagaimana perubahan cepat ekspresi mendiang ibu yang awalnya marah kemudian tertawa terbahak-bahak karena aku mengatakan “jangan salahkan aku ndak bisa masak, ibu sih dari dulu sibuk ngajarin murid-muridnya masak, anaknya sendiri ndak pernah diajarin..”.

Ibu, biarlah semua orang berkata aku tak menyerupaimu, biarlah semua orang berkata “bagaimana mungkin ibunya guru masak, tapi anaknya tidak becus masak”, biarlah semua orang berkata “bagaimana malasnya aku untuk memasak”, biarlah orang berkata “kau tidak mendidikku menjadi seorang perempuan dengan betul…”.

Aku hanya akan ingat bagaimana ibu selalu tertawa apabila melihatku bertingkah di dapur, aku hanya akan mendengar omelan dan tawamu yang berbarengan saat aku di dapur. Karena di dapur rumah itulah, kau selalu bangun pagi membuatkanku teh sebagai obat morning sick-ku, membuatkanku teh sebagai teman belajar untuk ujian SNMPTN, menyeduh kopi susu bersama tanpa menggubris bapak yang sedang mengomel tentang kebiasaan mengopi yang buruk bagi kesehatan.

You know right mom, you know it indeed, a reason why I don’t like to learn how to cook, just you, and that’s enough.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s