Kost-Kostan Mahasiswa di Oslo (Kringsjå)

kamar

Selama disana (Oslo) kita tinggal dimana? Student housing. Setelah terdaftar sebagai mahasiswa di University of Oslo (UiO) selama satu semester dalam program beasiswa student exchange, saya dan beberapa teman sesama penerima beasiswa langsung sibuk mengutak-atik situs housing kampus. Ada beberapa alternatif housing seperti Bjerke, Bjølsen, Carl Berner, Fagerborg, Grünerløkka, Iladalen, Kansleren, Kongsvinger, Kringsjå, Nydalen, Sogn, dan masih banyak lainnya. Pertimbangan yang paling penting adalah, di kampus daerah mana kita studi dan budget kita untuk sewa housing. Prinsipnya, untuk hidup hemat di Oslo ada dua, yaitu Youth and Single. Hehehe. Maksudnya adalah, room untuk single lebih murah daripada couple dan lebih murah daripada with children.

SiOAtas saran teman yang sudah pernah kesana dan masih disana, biar semua penerima beasiswa bisa tinggal di satu area dan kampus tempat kita studi adalah di Blindern, maka Kringsjå, adalah pilihan utama. Kamar full furnished (tempat tidur, meja belajar, kursi, lemari buku, dan meja kecil) dengan private bathroom (satu kamar mandi untuk dua orang). Setelah log in melalui situs www.sio.no (jangan lupa klik English version), kita mulai searching kamar yang kita maksud, berdoalah agar ada tulisan ‘available’. Di antara semua penerima beasiswa, entah bad luck atau good luck, ada satu penerima beasiswa yang melancong ke Sogn Student Village, satu bathroom untuk tujuh orang, dan dapur yang senantiasa susah bersihnya, entah sudah berapa kali dapat peringatan dari pengurus housing soal kebersihan dapur. Pada saat saya tengok bagaimana housing-nya, not bad-lah, mirip sama kost-kostan di Indonesia tapi dengan kamar mandi yang luar biasa gede-nya.

Room3Okay, balik ke Kringsjå. Kami datang di saat salju turun tipis-tipis (saya bingung bagaimana menggambarkannya, gerimis salju?), menambah tumpukan salju yang sudah tebal, suhu udara sekitar minus 17 derajat. First was, ambil dulu card- kunci, bayar deposit, melunasi sewa untuk satu bulan dengan rencana tinggal selama enam bulan di kantor housing Kringsjå. Jalan terseok-seok di tengah salju yang tebal sambil menggeret koper, terpeleset oleh jalan aspal yang berubah jadi arena es licin yang tertutup salju (kopernya juga ikut sledging lho ya!), tersesat karena masih bingung sama peta building Kringsjå, mengangkat koper ke lantai tiga lewat tangga, untuk housing yang hanya terdiri dari empat lantai, tidak ada fasilitas lift.

kasurSaya mendapat gedung housing paling belakang, dekat dengan lapangan bola, kindergarden, hutan dan Danau Sognsvan, tinggal jalan kaki lima menit. Uyeh. Satu lorong bersama, dapur yang berisi kulkas super besar, rak-rak untuk meletakkan bahan makanan, kompor, oven, microwave, dishwasher, untuk tujuh penghuni. Kamarnya tidak terlalu jauh beda dengan yang ada di foto, tapi masalahnya, di tengah udara bersuhu minus 17 derajat, walaupun heater-nya menyala tapi tidak ada gorden untuk jendela yang berukuran sangat lebar, angin dingin bersuhu minus 17 masih terasa masuk lewat celah-celah jendela, tidak ada sprei, tapi yang paling penting, tidak ada selimut.

hutan sognsvanUntung salah satu kolega dari Indonesia mengundang untuk makan malam, dan pada saat saya menceritakan bagaimana kondisi kamar, dia langsung meminjami kaos kaki wool, jaket winter asli, dan sleeping bag yang lumayan tebal. Alhasil, saya tidur di atas kasur dengan kaos kaki wool, sarung tangan, topi rajutan, syal, long john, sleeping bag yang tertutup hingga ujung kepala (mirip kepompong di atas kasur). Malam pertama yang cukup menyenangkan di Oslo sambil berdoa “Couldn’t wait to shop winter stuff soon.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s