Bolehkah WNA membeli (memiliki) Apartemen?

Crew

Beberapa waktu yang lalu, ada dua orang WNA (Warga Negara Korea dan Warga Negara Malaysia) datang ke kantor dan bermaksud untuk membeli Unit Apartemen. Mereka menunjukkan KITAP (Izin Tinggal Tetap/ Permanent Stay Permit) dan mengatakan bahwa harga apartemen bukanlah sebuah masalah. Namun jawaban dari Managemen tetaplah sebuah gelengan kepala, “Maaf tetap tidak bisa karena Apartemen kami dibangun di atas tanah dengan status Hak Guna Bangunan”. Brokernya menjawab, “Klien saya yang lain bisa kok beli Apartemen di Jakarta sama di Bali, kenapa di Surabaya gak bisa seh?”.

WNA Bisa Kok Beli Apartemen

066760400_1429176155-paspor-1

Ada tiga syarat secara umum dalam Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pemberian, Pelepasan atau Pengalihan Hak Atas Pemilikan Rumah Tempat Tinggal Atau Hunian oleh Orang Asing yang Berkedudukan di Indonesia :

Syarat Pertama terdapat pada Pasal 1 ayat (1), “Orang  Asing  pemegang  izin  tinggal  di  Indonesia  dapat memiliki  rumah  tempat  tinggal  atau  hunian  berupa rumah tunggal atau satuan rumah susun.”

Izin tinggal tersebut dapat dibuktikan dengan KITAP (Izin Tinggal Tetap/ Permanent Stay Permit) yang mana untuk keterangan lebih lanjut mengenai Izin Tinggal WNA dapat di browsing sendiri di website  Kementerian Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Imigrasi.

Syarat Kedua terdapat pada Pasal 1 ayat (2) yang mana menyatakan bahwa Apartemen yang hendak dibeli oleh WNA adalah apartemen yang dibangun di atas tanah yang berstatus Hak Pakai atas tanah Negara atau Hak Pengelolaan (HPL).

Syarat Ketiga terdapat pada Pasal 2 ayat (2), Pembelian  satuan  rumah  susun sebagaimana dimaksud  pada  ayat (1),  merupakan satuan rumah susun  dengan  harga minimal sebagaimana  tercantum  dalam  Lampiran  yang merupakan  bagian  tidak  terpisahkan  dari  Peraturan Menteri ini, yang mana harga minimal untuk pembelian Unit Apartemen /  Saturan Rumah Susun (SRS) di Jawa Timur (Include Surabaya) adalah 1,5 Milyar Rupiah.

46a6c3f831a2cd0da743473711cd4613

Nah, berdasarkan penjelasan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa untuk area Surabaya (Jawa Timur) WNA hanya dapat membeli Apartemen dengan harga minimal 1,5 Milyar Rupiah yang dibangun di atas Hak Pakai atau Hak Pengelolaan dan tidak diperkenankan untuk membeli Apartemen yang dibangun diatas Hak Guna Bangunan atau Hak Milik dengan harga dibawah 1,5 Milyar. Kuncinya adalah Izin Tinggal WNA, Status Tanah Apartemen, dan Price List Apartemen.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s