Kenapa dia minum alkohol? Dan kamu tidak?

photo-1452562961439-283b44358d48

Ada beberapa alasan kenapa saya menulis artikel ini, atau setidaknya berusaha merewrite what others did. Dua kali saya diberikan kesempatan keluar negeri di negara yang berbeda – beda, I got some cute questions, why, first is, I always want to smile and laugh every time those question came up.

Kurang lebih begini kalau diterjemahkan dalam bahasa Indonesia,

“Kamu beragama Islam?”,

“Ya, saya beragama Islam”

“Mereka jugakan?”, menunjuk beberapa teman saya yang sedang minum alcohol di sebuah Gala Party,

“Yeps, mereka Islam juga, ada apa memangnya?”

i_am_a_girl-78505.jpg

“Begini, dari awal kamu datang kesini, saya tidak pernah melihatmu minum alcohol satu tegukpun, cukup dengan baunya saja kamu sudah pusing, dan beberapa temanmu menjawab kalau, agamamu atau Tuhanmu tidak memperbolehkan alcohol untuk diminum… saya penasaran karena di sisi lain saya lihat teman – temanmu yang mempunyai Tuhan yang sama dan agama yang sama denganmu tetap minum berbagai jenis alcohol yang saya juga minum, bahkan ada yang membeli alcohol disini sebagai oleh – oleh untuk teman – temanmu di Indonesia…”

c10c908be73553292219548951d420be

Saya masih tertawa tanpa suara, “Kamu lihatkan? Islam sama seperti agama lain yang punya penganut dengan beragam sifat yang berbeda-bedakan? My religion is perfect, but we’re not… “

Is-Alcohol-actually-Prohibited-in-Islam.jpg

Sambil berjalan dengannya mengelilingi taman di tempat pesta diadakan yang taman dan bangunannnya mirip kastil – kastil yang ada di cerita Inces2 itu, saya terus tersenyum sembari memikirkan jawabannya yang masuk akal namun bisa memuaskan.

photo-1468072114808-903e572b8ead

Jujur, saya bukanlah penghafal Alquran, ilmu agama masih berangka kursi yang dibalik, however, I have to answered this,

“Hmm..satu lagi Rahma, kamu sendiri, tidak ada keinginan sedikitpun untuk mencobanyakah? Just curious.. “

“Kalau untuk saya pribadi, kemaren saya pusing karena bau alcohol karena memang saya belum pernah tahu bagaimana baunya dari kecil, baru saat disini saya tahu bagaimana baunya, lumayan menyengat ya.. jadi saya tidak bisa membayangkan bagaimana rasanya kalau baunya saja seperti itu… saya hanya tau bentuk botol – botol bir karena ibu saya adalah seorang guru masak, dan dulu beliau sering mengkoleksi botol-botol bir karena bentuknya yang lucu untuk digunakan sebagai dekorasi… it’s cute I admitted..”

Teman saya tertawa, “Well, somehow, that’s true, for the bottle…”

“Kalau untuk diperbolehkan tidaknya, memang Tuhan kami melalui kitab sucinya melarang meminum minuman yang mengandung alcohol… “

“Tapikan alcohol juga mengandung banyak manfaat, seperti untuk obat dan parfum,….”

flowers-islam-islamic-journey-Favim.com-1440846

“Agama saya melarangnya untuk dikonsumsi… karena bilamana dikonsumsi, lebih banyak dampak negatifnya daripada positifnya, nah, untuk teman – teman saya yang tadi kamu jumpai mengkonsumsi alcohol, ya, kadang-kadang orang menginterpretasikan sendiri tentang larangan alcohol, misal, ada yang mengatakan, sedikitpun alcohol itu haram untuk diminum atau dikonsumsi, sedangkan ada yang beranggapan selama tidak membuat mabuk, maka tidak haram… nah, saya penganut sedikitpun alcohol itu adalah haram, makanya saya tidak berani mencobanya, walaupun satu tetes… “

“Hmm… whiskey dan vodka sangat membantu untuk menghangatkan diri di musim dingin Rahma”

rcaNUh3pQ9GD8w7Iy8qE__DSC0940.jpg

“Kalau di Indonesia, saya ada jahe hangat untuk menghangatkan badan saat udara dingin, you have to try it someday…”,

Teman saya tertawa terbahak – bahak,

“Besok saya akan memberi tahu kamu tentang roti, kue, cake, minuman yang mengandung alcohol yang dijual di swalayan – swalayan terdekat, jadi selama kamu disini, kamu tidak akan salah ambil… “

Islamic Quotes (1).jpg

Diluar percakapan itu, untuk alcohol / khamar, tinggal buka Al Quran, Surat Al-Maidah ayat 90: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.”

Anti-Alcohol-Quotations-012

Untuk menjelaskan larangan ini ada sebuah analogi sederhana: Larangan mengemudi dalam keadaan mabuk diukur berdasarkan jumlah kandungan alkohol di dalam darah, bukan kondisi mabuk-tidaknya seseorang. Artinya, jika di dalam darah seseorang terkandung alkohol dalam jumlah yang melebihi batas maka dia dinyatakan melanggar aturan, terlepas apakah ia mabuk atau tidak.

photo-1436076863939-06870fe779c2.jpg

Perlu diingat bahwa alkohol hanyalah salah satu bentuk zat kimia. Zat ini juga digunakan untuk berbagai keperluan lain seperti dalam desinfektans, pembersih, pelarut, bahan bakar dan sebagai campuran produk-produk kimia lainnya. Untuk contoh-contoh pemakaian tersebut, maka alkohol tidak bisa dianggap sebagai khamar, oleh karenanya pemakaiannya tidak dilarang dalam Islam.

Al Baqarah ayat 219 yang artinya: “Mereka bertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: “Pada keduanya terdapat dosa yang besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.

Untuk teman – teman yang besok mungkin ditanyai tentang alcohol, mungkin / semoga tulisan saya bisa bermanfaat.

#islamfordummies #alcohol #islamsaying

Leave a Reply

