Syirik Kecil itu namanya Riya

black-abd-white-funny-kid-muslim-Favim.com-2205428

Siang itu, seperti biasanya hari Jumat, kajian jumat dirumah almarhumah Ustadzah Dewi, seperti biasa sebelum kajian pasti dipenuhi cerita dari para jamaah, salah satu jamaah berkata, “Ustadzah, saya punya teman, dia ini lho tidak pernah solat, tapi sok – sokan mau umroh, solat aja tidak pernah, mau ke tanah suci…”. Ustadzah Dewi langsung memotong dengan berkata bahwa kita tidak boleh menghakimi orang karena perbuatan fisik yang tampak oleh manusia, yang boleh untuk menilai apakah manusia itu layak masuk surga atau neraka hanyalah Allah, “… Allah adalah satu – satunya Dzat yang punya Hak Prerogratif untuk menentukan mana Hamba yang baik dan tidak, coba buka Al Kahfi ayat 103 – 105”. Continue reading “Syirik Kecil itu namanya Riya”

IKEA, eye shopping in Oslo

DSC09172
Lovely Sofa in IKEA Oslo

Mau makan banyak dan murah ga di Oslo? (Namanya juga masih mahasiswa, diluar negeripun istilah murah dan banyak sungguh terdengar masih sangat menggiurkan). Tanpa banyak pikir, kami menganggung – anggukan kepala dengan cepat.  “Kalau begitu ayok ke IKEA, sekalian beli bed cover, gorden, bantal, dan lain – lain untuk mengisi kamar kalian”. Okay wait! IKEA itu apa ya? (lol, that was first time I heard about IKEA, again, stupid Indonesian, yes I am). Continue reading “IKEA, eye shopping in Oslo”

Alasan Kenapa Kamu Harus Ngerasain Kehujanan di Atas Motor

*Curhatan anak Rantau Baru di Surabaya

 

photo-1420496854436-ae64eb61e937

Besok kalau kamu punya mobil, kamu akan lebih mensyukuri saat hujan deras turun, kamu gak perlu buru-buru mencari tempat berteduh ataupun menepi untuk sekedar memakai jas hujan yang sudah hampir bolong-bolong disana-sini alias tetap saja basah sedikit kalau hujan terlalu deras. Continue reading “Alasan Kenapa Kamu Harus Ngerasain Kehujanan di Atas Motor”

Surat untukmu Para Lelaki Indonesia dari Perempuan yang Mencoba Menutup Auratnya

 1

Dulu, saat kami para perempuan belum berjilbab / berhijab, banyak dari kalian memberondong kami dengan pertanyaan, “Kenapa belum berjilbab? Menunggu apa? Kematian itu bisa datang sewaktu – waktu”. Kalaupun tidak dalam bentuk pertanyaan, tapi dalam bentuk nasehat, “Perempuan pakai jilbab itu kelihatan lebih cantik, elegan, adem, dan menghindarkan diri dari pandangan nakal lelaki”. Continue reading “Surat untukmu Para Lelaki Indonesia dari Perempuan yang Mencoba Menutup Auratnya”

PEMECAHAN SERTIFIKAT APARTEMEN YANG MEMAKAN JANGKA WAKTU LAMA (*Sangat Lama?)

building1Plus – plus membeli apartemen di Indonesia, di luar tingkat sosial dan nilai investasi (I don’t put interest to the private matter and I am not investment consultancy, yet maybe).  (1) Mengurangi biaya transportasi, bbm dan menghemat tenaga karena dekat dengan tempat kerja. Pikirkan beberapa kali apabila kamu tergiur dengan apartemen murah dan mewah yang berada jauh dari pusat kota / kantor. (2) Fasilitas lengkap yang disediakan pengelola tidak lagi merepotkan penghuni apartemen pergi ke tempat lain untuk memenuhi kebutuhan primernya. Apartemen biasanya dilengkapi dengan fasilitas Gym, Mini Grocery, Swimming Pool, serta sistem keamanan 24 jam. (3) Memudahkan penghuni apartemen dalam menata dan mengatur benda dalam ruangan, begitu juga dalam membersihkan ruangan. (4) Tidak perlu lagi repot dalam urusan tagihan rekening, masalah kebersihan dan sanitasi, karena sudah ada pihak yang melaksanakan tugas ini tentu saja dengan membayar sejumlah tagihan seperti Service Charge, Sinking Fund, dan Security Deposit  kepada Badan Pengelola (BP) yang ditunjuk oleh P3SRS. Continue reading “PEMECAHAN SERTIFIKAT APARTEMEN YANG MEMAKAN JANGKA WAKTU LAMA (*Sangat Lama?)”

Stockholm: Akhirnya Keluar Juga dari Norway

Guide Book

Timeline kuliah, reading material yang seabrek, tugas akhir double (paper + written), dan hunting teman traveling yang willing to diajak backpacker membuat jadwal jalan-jalan harus tertunda berulang-ulang kali. Paris. Cancel. Northern Light di Tromsø. Cancel. No more Cancel after this. Continue reading “Stockholm: Akhirnya Keluar Juga dari Norway”

Kost-Kostan Mahasiswa di Oslo (Kringsjå)

kamar

Selama disana (Oslo) kita tinggal dimana? Student housing. Setelah terdaftar sebagai mahasiswa di University of Oslo (UiO) selama satu semester dalam program beasiswa student exchange, saya dan beberapa teman sesama penerima beasiswa langsung sibuk mengutak-atik situs housing kampus. Ada beberapa alternatif housing seperti Bjerke, Bjølsen, Carl Berner, Fagerborg, Grünerløkka, Iladalen, Kansleren, Kongsvinger, Kringsjå, Nydalen, Sogn, dan masih banyak lainnya. Continue reading “Kost-Kostan Mahasiswa di Oslo (Kringsjå)”

Warsaw: Expired Bus Ticket!

WarsawTraveling (Backpackers) sendiri di Eropa? Why not? Someone said, “…you never know when you will get another change to Europe by scholarships, so, used it wisely, Continue reading “Warsaw: Expired Bus Ticket!”

Dapur dan Ibu

10628302_10152727543982259_940701572016991473_nAku masih teringat bagaimana bapak dan ibu tertawa lepas karena melihatku menggoreng ikan dengan helm kaca tertutup dan berteriak-teriak sambil berusaha membalik ikan dengan minyak meletup-letup.

Aku masih ingat bagaimana ibu selalu menyuruhku untuk menyapu halaman atau rumah atau menyuruhku untuk mengerjakan PR/belajar daripada membantunya di dapur atau lebih tepatnya mengacaukan masakannya. Continue reading “Dapur dan Ibu”